Survei Potensi Desa KKNT-T 08 Universitas Trunojoyo Madura



Desa Alang-Alang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur. Desa Alang-Alang terdiridari lima Dusun yaitu Dusun Janten, Dusun Sentol, Dusun Nangkek, Dusun Belabe, dan Dusun Timur Jarat. Desa Alang-Alang mempunyai luas sebesar 2,34 km dan memiliki jumlah penduduk sebanyak lebih dari 4.000 jiwa dengan total sekitar 700 KSK². Desa Alang-Alang memiliki program beasiswa langit untuk pemuda-pemudi di Desa-Alang- Alang yang berprestasi yang kesulitan ekonomi. Paguyupan literasi desa merupakan kegiatan literasi yang ada di Desa. Koperasi produsen dimana koperasi tersebut menjual kebutuhan petani dan juga jagung Alang-Alang.

Adapun beberapa potensi Desa Alang-Alang yang terdapat di setiap dusunnya antara lain :

1.       Dusun Janten yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani dan pedagang, dimana hasil taninya berupa padi, jagung dan kacang tanah serta terdapat usaha tambal ban dan konveksi.

2.       Dusun Sentol mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani, adapun beberapa hasil taninya berupa padi, jagung, terong, dan timun yang mereka jual di pasar selain itu di Dusun Sentol juga terdapat satu UMKM yang memprduksi olahan kripik singkong.

3.       Dusun Timur Jarat mayoritas penduduknya memiliki usaha konveksi baju koko dan menjadi supplier di beberapa toko yang ada di surabaya, selain itu di Dusun Timur Jarat juga terdapat satu UMKM yang memproduksi kecambah dan menjadi supplier di kota Bangkalan.

4.       Dusun Nangkek mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani padi, jagung, terong, dan kacang tanah. Selain itu di Dusun Nangkek juga terdapat UMKM yang memproduksi kripik Gadung.

5.       Dusun Belabe mayoritas penduduknya memiliki usaha konveksi dan menjadi supplier di beberapa toko yang ada di surabaya, selainitu di Dusun Belabe juga terdapat UMKM yang memproduksi Tape Singkong dan Arang batok kelapa.

Dari pejelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebagian besar penduduk Desa Alang-alang berprofesi sebagai petani dan penjahit. Adapun beberapa hasil taninya antara lain padi, jagung, kacang tanah, dan mentimun. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Desa Alang-alang

Malam Inagurasi KKN UTM Kelompok 79 2019

Demografi Desa Alang - Alang