Proker Nugget Jagung Sebagai Pengembangan Ide Usaha Dari Potensi Lokal

 


Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura menyongsong tema optimalisasi potensi lokal menuju kemandirian desa. Hal itu yang mendasari KKN Tematik 08 Universitas Trunojoyo Madura menciptakan sebuah progam kerja yaitu sosialisasi dan pengembangan ide usaha pengolahan Jagung menjadi produk UMKM unggulan. Pemilihan ide usaha pengelolahan jagung ini berdasarkan hasil surve yang telah dilakukan sebelumnya bawasanya di Desan Alang-alang ini penduduknya mayoritas petani jagung.

Adapun pelaksanaan kegiatan proker dilakukan pada pukul 15:00 hari jumat tanggal 13 Januari 2023 dikediaman bapak soleh dengan dihadiri kurang lebih 28 ibu muda yang ada di Desa Alang-Alang. Kegiatan diawali dengan sambutan dari koordinator desa dan dilanjut dengan perkenalan seluruh anggota kelompok KKN Tematik 08 Universitas Trunojoyo Madura. 

Kegiatan dilanjut dengan pemaparan materi mengenai pengelolaan jagung menjadi nugget dimana pemaparan materi sendiri diwakilkan oleh mahasiswa KKNT 08 UTM. Adapun materi yang dipaparkan adalah mengenai tata cara pengelolaan bahan dasar jagung untuk diolah menjadi nugget. Selain itu materi yang dibahas juga meliputi tata cara pemasaran melalui berbagai cara baik online maupun offline.  Di akhir materi juga ditayangkan tentang bagaimana cara atau step by step pengelolaan jagung menjadi nugget.

Dari kegiatan tersebut, harapan kami mahasiswa KKN Tematik 08 Unversitas Trunojoyo Madura bagi masyarakat desa Alang-alang agar terus berinovasi mengenai pengelolahan potensi desa terutama pada hasil panen jagung serta dapat menjadikan UMKM baru sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa Alang-alang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Desa Alang-alang

Malam Inagurasi KKN UTM Kelompok 79 2019

Demografi Desa Alang - Alang